iklan banner

Berbagai Macam Sistem Mesin Penyuling Minyak Kelapa dan Perbedaannya

Berbagai Macam Sistem Mesin Penyuling Minyak Kelapa dan Perbedaannya



Alat Suling Minyak Atsiri - Pasti Anda sering mendengar yang namanya minyak atsiri bukan? Minyak yang satu ini adalah salah satu minyak yang sering dimanfaatkan sebagai bahan baku minyak wangi. Karena memang minyak ini memiliki bau yang sangat unik dan juga sangat menyegarkan. Minyak yang juga dikenal sebagai minyak aromatic ini bisa diproduksi dari bermacam bahan.

Bahan yang dimaksud adalah dari bagian-bagian tanaman seperti daun, akar, buah, bunga, kulit kayu dan lain sebagainya. Namun tidak semua tumbuhan bisa membuahkan minyak atsiri ini. Hanya beberapa jenis tumbuhan yang bisa menghasilkan minyak ini, seperti daun nilam, bunga kenanga, rimpang jahe, kulit kayu akasia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mendapatkan minyak atsiri juga perlu melakukan tahap penyulingan atau destilasi.

Dalam melakukan proses penyulingan atau destilasi tersebut Anda dapat menggunakan mesin khusus untuk memperlancar pengerjaannya. Mesin tersebut biasa dikenal dengan nama alat penyulingan minyak atsiri. Mesin destilasi minyak atsiri ini mempunyai 2 macam mesin dan sistem yang berbeda yaitu steam dan juga boiler.

Lantas apa perbedaan dari kedua mesin tersebut?. Jika Anda mau mengetahui lebih lanjut maka perhatikan ulasan berikut ini.

1. Mesin Destilasi Boiler

penyuling minyak cengkeh, penyuling minyak gaharu, penyuling minyak nilam
Mesin Destilasi Minyak Sistem Boiler
Jika menggunakan mesin jenis ini maka salah satu kelebihannya adalah mesin ini dapat menyuling minyak dari berbagai jenis bahan mulai dari dedaunan, akar, kulit kayu, rimpang dan juga kulit kayu baik dalam bentuk kering ataupun basah. Untuk sistem kerja dari mesin yang satu ini adalah pertama-tama tentunya bahan dimasukkan ke ketel yang berisi air.

Setelah itu dipanaskan dengan suhu tertentu dan setelah itu akan keluar uap air. Uap air yang dihasilkan akan disalurkan melalui pipa yang terhubung langsung dengan kondensor. Uap yang masih berupa campuran dari uap air dan minyak tersebut akan dipisahkan oleh separator pemisah dan diambil bagian minyaknya saja.

Setelah proses tersebut selesai maka minyak atsiri siap untuk digunakan sebagai bahan dasar untuk wewangian, minyak aroma terapi dan masih banyak lagi. Karena kemudahan dalam pengoperasiannya tersebut, membuat mesin penyuling sistem boiler ini sebagai mesin penyuling yang paling sering dipakai oleh pengusaha.

2. Mesin Destilasi Steam

penyulingan minyak atsiri jahe, penyulingan minyak atsiri jogja, penyulingan minyak atsiri sederhana
Mesin Destilasi Minyak Sistem Steam
Setelah membicarakan tentang mesin yang memiliki sistem rebus atau boiler maka berikut ini akan dibahas mengenai mesin yang memanfaatkan sistem uap. Mesin yang satu ini merupakan mesin yang bekerja tanpa menggunakan air ataupun api. Yang dimaksud disini adalah dalam proses penyulingan tersebut yang dipergunakan hanyalah uap yang mempunyai tekanan tinggi.

Sistem dari mesin ini adalah dengan membuat uap yang memiliki tekanan tinggi terlebih dahulu. Setelah itu, uap tersebut akan disalurkan ke sebuah ketel yang berisi bahan baku dengan memanfaatkan sebuah pipa. Kemudian uap dari ketel tersebut akan disalurkan langsung ke kondensor.

Setelah itu, cairan yang diproduksi dari tahap sebelumnya akan dipisah antara air dan minyaknya dengan menggunakan separator. Minyak yang telah terpisah dari air sudah siap untuk dipakai. Yang membedakan sistem steam dan boiler hanya terletak pada proses pertamanya saja.

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua metode penyulingan tersebut maka Anda bisa mendapatkan gambaran manakah yang lebih baik untuk dipakai. Baik sistem yang pertama ataupun yang kedua tetap memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan produksi Anda saja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara sistem boiler dengan sistem steam yang bisa menjadi acuan dan juga tambahan pengetahuan untuk Anda dan kita semua. Semoga bermanfaat.

Informasi Harga dan Pemesanan Mesin

Untuk informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Mesin anda bisa menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.
Telepon : 0813-9000-0647 / 0858-8000-0627
Whatsapp : 0858-8000-0627