iklan banner

Pembuatan Tusuk Sate dengan Memanfaatkan Alat Pembuat Tusuk Sate Otomatis

Pembuatan Tusuk Sate dengan Memanfaatkan Alat Pembuat Tusuk Sate Otomatis


Mesin Pembuat Tusuk Sate Otomatis ialah seperangkat mesin yang dipakai untuk memproduksi tusuk sate dari bambu.

Seperti yang kita ketahui, seluruh bagian bambu bisa dipergunakan untuk beraneka macam hal. Mulai dari pemakaian bambu yang masih dalam kondisi utuh ataupun pemakaian setelah melewati berbagai proses terlebih dulu, seperti sumpit bambu, tusuk sate, hingga tusuk gigi yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kebutuhan pemakainya.
mesin tusuk sate, mesin pembuat tusuk sate, mesin tusuk sate otomatis
Mesin Pembuat Tusuk Sate Lengkap
Tentunya bambu-bambu yang disajikan dalam berbagai bentuk olahan seperti tusuk sate ini tidak lain diperoleh dengan memakai Mesin Tusuk Sate Canggih yang dapat anda peroleh dengan mudah. Tidak hanya tusuk sate saja, namun bambu-bambu ini juga dapat diproses dan diolah menjadi tusuk gigi, dan sumpit bambu juga. Adapun proses pembuatan tusuk sate dengan alat pembuat tusuk sate sederhana adalah sebagai berikut:

1. Pemotongan Bambu

Sebelum dimasukkan ke dalam alat pembuat tusuk sate otomatis, bambu-bambu ini terlebih dahulu harus dilakukan proses pemotongan hingga menjadi bentuk yang lebih kecil dan sesuai dengan kapasitas yang dapat dimuat oleh mesin. Pemotongan bambu dapat dilakukan dengan menggunakan gergaji circle agar mendapatkan ukuran yang diharapkan.

2. Pembelahan Bambu

Sesudah bambu dipotong sampai ukuran yang dibutuhkan memakai gergaji circle, kemudian proses selanjutnya ialah membelah bambu dengan menggunakan mesin pembelah bambu tusuk sate, itu apabila produk anda cukup banyak. Namun jika produksi anda masih sedikit, anda dapat melakukan proses pembelahan bambu dengan cara manual tanpa memanfaatkan mesin.

3. Irat atau Penipisan

Jika bambu sudah dibelah dengan memanfaatkan mesin pembelah bambu tusuk sate, langkah selanjutnya sebelum bambu dimasukkan ke dalam mesin tusuk sate ialah dengan melakukan proses irat atau penipisan bambu dengan menggunakan mesin irat bambu panjang. Proses ini bertujuan untuk melenyapkan ruas bambu yang mengganggu sekaligus menyelaraskan ukuran dan bentuk bambu.

4. Pembelahan bambu

Proses pembelahan bambu kali ini berbeda dengan pembelahan bambu pada proses awal. Jika proses pembelahan bambu pada tahap pertama berguna untuk membelah bambu yang masih berbentuk bulat hingga menjadi berbentuk kecil-kecil. Namun jika proses pembelahan bambu kali ini bertujuan untuk membelah bambu yang sudah ditipiskan(irat) menjadi bentuk lidi.

5. Penyerutan(Pembulatan)

Bambu yang telah disesuaikan ukurannya itu membuktikan bahwa bambu telah siap diproses dengan mesin serut bambu mini. Proses penyerutan ini berfungsi untuk membulatkan lidi bambu yang telah dipersiapkan tadi. Bentuk ukuran bambu yang diperoleh dengan memakai mesin ini adalah 1 mm sampai 4 mm.

6. Pemotongan

Pemotongan tusuk sate digunakan untuk menyelaraskan ukuran tusuk sate anda dengan tusuk sate pada umumnya. Pemotongan tusuk sate ini dapat dikerjakan secara manual dengan menggunakan gergaji khusus.

7. Pengeringan

Bambu-bambu yang telah berbentuk tusuk sate kemudian dikeringkan dengan menggunakan cahaya matahari atau mesin oven dengan suhu 85 derajat Celcius. Sesudah proses pengeringan ini rampung maka proses selanjutnya adalah peruncingan tusuk sate.

8. Peruncingan

Tahap peruncingan tusuk sate ini dilakukan dengan memanfaatkan mesin peruncing tusuk sate mini. Dimana saat tusuk sate dimasukkan, mata pisau yang tajam akan menyentuh bagian ujung tusuk sate.

9. Penghalusan

Setelah melewati serangkaian proses ini, langkah yang terakhir yaitu menghaluskan tusuk sate. Nah, untuk langkah ini biasanya memanfaatkan bak goyang dimana tusuk sate ini akan saling bergesekkan sehingga tusuk sate menjadi lebih halus. Setelah melalui proses yang terakhir ini, tusuk sate siap untuk dipasarkan ke seluruh penjuru Nusantara.

Pastinya orang pertama yang memerlukan tusuk sate ini ialah pedagang sate, yang mana tusuk sate merupakan sarana terpenting dari sate itu sendiri. Karena pada umumnya sate dihidangkan dengan cara ditusuk dengan bermacam jenis bahan baku dan resep yang dipakai. Disamping rasa yang enak, sajian dengan memanfaatkan tusuk tentunya mempunyai ciri khas dan keasyikan tersendiri bagi para penikmatnya bukan?

Bagi Anda yang mengembangkan bisnis dalam dunia kuliner khususnya kuliner sate, tidak ada salahnya jika tusuk sate itupun dibuat sendiri dengan memanfaatkan mesin tusuk sate sederhana ini. Tusuk sate yang Anda pakai tentunya lebih steril karena Anda sendiri yang memastikan proses pembuatannya.

Informasi Harga dan Pemesanan Mesin

Untuk informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Mesin anda bisa menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.

Telepon : 0813-9000-0647 / 0858-8000-0627
Whatsapp : 0858-8000-0627