iklan banner

MEMPRODUKSI MINYAK BERKUALITAS TINGGI DENGAN MEMAKAI MESIN PENYULING MINYAK NILAM

Memproduksi Minyak Berkualitas Tinggi Dengan Memakai Mesin Penyuling Minyak Nilam

Alat Suling Minyak Atsiri atau yang dikenal dengan Mesin Destilasi Minyak Nilam ialah alat yang dimanfaatkan untuk menyuling atau melakukan proses destilasi minyak yang berasal dari tanaman. Apabila menggunakan alat ini untuk proses penyulingan, maka hasil yang didapatkan dari menyuling minyak atsiri akan lebih bermutu dan bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Adapun tanaman yang dapat disuling dengan memakai mesin ini, diantaranya:

1. Minyak Nilam

Ada berbagai macam tanaman yang dapat disuling dengan memanfaatkan mesin penyuling ini. Salah satu hasil penyulingan minyak dari tanaman dengan menggunakan mesin penyuling ini adalah minyak nilam. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak nilam.

2. Minyak Cengkeh

Bukan cuma tanaman nilam saja yang dapat disuling minyaknya dengan mesin ini, cengkeh yang dikenal sebagai tanaman rempah juga dapat diambil minyaknya dengan menggunakan mesin penyuling ini.

3. Minyak Pala

Selain minyak nilam dan cengkeh, pala juga termasuk salah satu tanaman yang dapat diekstrak minyaknya dengan memanfaatkan mesin penyuling ini. Oleh karena itu ada juga yang memanggilnya sebagai mesin penyuling minyak pala.

Sebenarnya masih ada beberapa tanaman lain yang dapat disuling dengan alat ini seperti minyak kayu putih yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaatnya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai produsen minyak atsiri. Tanahnya yang subur mempunyai banyak sekali kekayaan hayati yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Sehingga tidak kaget jika Indonesia menjadi salah satu produsen minyak atsiri terbaik di dunia. Adapun tahap atau proses perolehan minyak atsiri dapat dikerjakan dengan tiga cara yaitu penyulingan menggunakan air dan uap, penyulingan dengan sistem rebus dan juga penyulingan dengan uap secara langsung.

Sedangkan untuk mendapatkan minyak atsiri itu sendiri, mesin penyuling minyak atsiri modern ada dua jenis model mesin yaitu mesin destilasi model boiler dan mesin destilasi model STEAM. Inilah penjelasan secara detail dari dua jenis model mesin penyuling modern yang bisa Anda manfaatkan:

1. Mesin Destilasi Model Boiler

alat penyuling minyak gaharu, alat penyuling minyak nilam, alat penyuling minyak pala
Mesin Destilasi Penyuling Minyak Sistem Boiler
Cara operasional mesin penyuling minyak model boiler ini adalah pertama kali dengan memasukkan bahan baku baik yang sudah layu terlebih dahulu atau bahan baku dalam kondisi yang masih basah ke dalam alat penyuling yang sudah terisi air, setelah itu dipanaskan.

Uap yang dihasilkan dari alat disalurkan memakai sebuah pipa yang disambungkan dengan kondensor. Uap yang masih menyatu antara uap dan minyak ini akan terkondensasi menjadi cairan dan kemudian akan dimuat dalam sebuah wadah.

Setelah itu cairan minyak ini akan dipisah dengan menggunakan separator pemisah minyak guna diambil minyaknya saja. Metode mesin penyuling minyak atsiri dengan model ini bisa digunakan untuk menyuling minyak aromaterapi seperti minyak mawar, melati, minyak kayu putih, minyak daun sirih, minyak daun cengkeh dan lainnya.

2. Mesin Destilasi Model Steam

alat penyulingan minyak gaharu, alat penyulingan minyak wangi, alat penyulingan minyak wangi sederhana
Mesin Penyuling Minyak Sistem Steam
Yang kedua adalah mesin penyuling minyak atsiri dengan memakai sistem steam. Bahan baku yang akan disuling tikak bersentuhan secara langsung dengan air ataupun tetapi hanya kontak dengan uap bertekanan tinggi yang difungsikan untuk menyuling minyak

Uap bertekanan tinggi ini dialirkan melalui pipa dan masuk ke dalam ketel yang terisi bahan baku, kemudian uap yang keluar dari ketel dihubungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang masih tercampur antara air dan minyak akan terpisah dengan menggunakan separator

Pemakaian mesin penyuling minyak atsiri model ini cocok digunakan untuk tanaman yang memerlukan tekanan tinggi untuk pengeluaran minyaknya seperti gaharu, cendana, seledri dan lainnya.

Mengingat Indonesia sendiri yang kaya akan berbagai tanaman yang dapat diambil minyaknya ini, seperti cengkeh, cendana, gaharu, dan sebagainya, maka peluang menekuni bisnis penyulingan minyak dengan menggunakan mesin penyuling minyak atsiri nampaknya cukup menjanjikan untuk dikerjakan.

Informasi Harga dan Pemesanan Mesin

Untuk informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Mesin anda bisa menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.
Telepon : 0813-9000-0647 / 0858-8000-0627
Whatsapp : 0858-8000-0627