iklan banner

Cara Membuat Mesin Pengering Hasil Pertanian yang Direkomendasikan Bagi Para Petani Padi

Cara Membuat Mesin Pengering Hasil Pertanian yang Direkomendasikan Bagi Para Petani Padi


Mesin Pengering Hasil Panen atau nama kerennya Box Dryer ini memiliki tugas untuk mengeringkan bahan atau hasil dari pertanian. Mesin ini memanfaatkan pemanas yang didapat dari tungku pembakar, yang bahan bakarnya bisa menggunakan sekam, kayu maupun Gas LPG.

Salah satu pekerjaan yang paling banyak di Indonesia ini ialah bercocok tanam alias menekuni bidang pertanian. Sebut saja pertanian padi yang menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Di saat bertani padi, salah satu kendala problem dalam prosesnya adalah paska pemanenan atau ketika memasuki proses pengeringan padi. Terlebih saat musim penghujan, pastinya banyak petani yang bingung akan nasib gabah hasil panenannya yang tidak kunjung kering.

Salah satu tips terbaik yang dapat Anda pakai untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan membuat Mesin Pengering Hasil Panen dengan memanfaatkan bahan pembuat yang simpel dan gampang didapatkan. Kira-kira  bagaimana cara membuat alat pengering gabah yang sederhana ini? Simak baik-baik ya!

Faktor Utama Bahan Pembuatan

Struktur Alat Pengering Padi Sederhana ini terdiri dari empat bagian utama yaitu box atau tempat menaruh gabah, kompor atau semawar sebagai burner, tabung minyak tanah berkapasitas 60 liter, motor listrik atau diesel penggerak dan kipas.

Cara Membuat Alat

Yang pertama kontruski ruang atau tempat menaruh gabah. Ruang atau tempat menyimpan ini mempunyai dimensi kurang lebih 4x6 meter dengan ketinggian 50 cm. Rangka ruang ini terbuat dari kayu yang dibentuk kotak-kotak kecil dengan ukuran 40x40 cm.

Lapisan pertama dan lapisan kedua yaitu rak kawat sedangkan untuk lapisan ketiganya menggunakan goni. Setelah kerangka ini jadi, lalu gabah ditaruh secara merata dalam ruang atau tempat penyimpanan gabah ini.

Kipas dengan ukuran 40 cm berfungsi sebagai penghantar angin dengan digerakkan menggunakan diesel atau motor listrik dengan bantuan dua buah V-belt. Kemudian kipas disimpan di dalam sebuah kotak yang bagian ujungnya disalurkan ke bawah tempat atau ruang penyimpanan gabah.

Pada kotak ini, juga ditempatkan kompor sebagai burner. Kompor yang digunakan berbentuk spiral dengan ukuran panjang 40 cm yang akan menjadi sumber energy panas apabila telah dipanaskan.

Tabung minyak tanah berkapasitas 80 liter dan pipa kapiler yang digunakan disesuaikan dengan keperluan pemakai. Pipa ini dihubungkan dengan dua buah kompor sebagai burner yang dipasang di depan kipas.

Cara Menggunakan Alat Pengering Gabah Sederhana

Gabah disimpan pada ruang atau tempat yang telah Anda sediakan secara merata. Kemudian pompa tabung minyak tanah dengan tekanan 50-60 psig. Hidupkan kompor dengan memberikan sedikit minyak tanah dan tunggu beberapa saat hingga sedikit panas. Selanjutnya putar keran pada tabung sampai kompor menyala dan burnerpun ikut membara.

Setelah didapatkan burner yang telah membara, nyalakan mesin diesel atau motor listrik sebagai penggerak kipas hingga perputar dengan kecepatan antara 700-800 rpm. Tunggu hingga 6 jam kemudian balik gabah tersebut menggunakan skop atau alat lainnya. 4 jam kemudian gabah akan kering dengan kadar air yang kurang dari 14% atau sesuai dengan standar bulog yang ada.

Kelebihan Menggunakan Mesin Pengering Gabah

Ada beberapa keunggulan atau keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan mesin pengering gabah sederhana ini. Salah satunya material atau komponen pembuatan yang mudah didapatkan.

Selain itu, manfaat utamanya adalah nasib gabah atau padi Anda selamat dari musim penghujan yang memerlukan sinar matahari sebagai pengering namun jarang didapatkan karena curah hujan lebih tinggi dibandingkan terik matahari yang didapatkan.

Yang ketiga, selain komponen yang mudah diperoleh dan keuntungan yang bisa Anda rasakan, proses pembuatan alat pengering hasil pertanian ini juga sangat mudah dan simple untuk dipraktikkan.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat alat pengering gabah sederhana ini di rumah? Bukan cuma pengering gabah saja yang bisa Anda praktikkan, bagi Anda petani cengkeh, saat ini juga sudah ada alat pengering cengkeh yang siap membantu Anda untuk mengeringkan cengkeh dengan proses yang mudah dan cepat didapatkan hasilnya.

Namun jika anda tidak ingin ribet-ribet mencari bahan dan membuat mesin pengering gabah sendiri, kami mempunyai solusinya. Mesin ini dikenal dengan nama Mesin Box Dryer atau mesin pengering gabah.
box dryer, box dryer padi, mesin box dryer, pengering padi
Mesin Box Dryer Pengering Padi
Mesin Box Dryer ini menggunakan sistem Indirect atau pemanasan dengan cara tidak langsung sehingga tidak akan merusak kandungan yang ada pada hasil pertanian. Mesin ini bisa mengeringkan berbagai macam hasil pertanian, seperti padi, jagung, hingga kopi. Untuk lamanya pengeringan tergantung dari jenis bahan yang dikeringkan dan jumlahnya, jika bahan yang dikeringkan semakin banyak maka otomatis prosesnya pun akan lebih lama.

Untuk ukuran kotak pengering memiliki ukuran 240 x 120 x 120 cm sehingga memungkinkan mesin untuk manampung 500 kg bahan dalam satu kali proses. Dibuat dari bahan Plat Mild Steel yang dapat mengatasi kapasitas 500 kg tersebut.

Dengan adanya mesin ini anda tidak usah lagi membuat dan merakit mesin pengering gabah sendiri.

Informasi Harga dan Pemesanan Mesin

Untuk informasi mengenai Spesifikasi dan Harga Mesin anda bisa menghubungi kami melalui nomor dibawah ini.
Telepon : 0813-9000-0647 / 0858-8000-0627
Whatsapp : 0858-8000-0627